00:00
Senin
00 Mei
jQuery(function($){
$("#ticker").tweet({
username: "buffhans",
page: 1,
avatar_size: 32,
count: 5,
loading_text: "lagi ngebaca twit..."
}).bind("loaded", function() {
var ul = $(this).find(".tweet_list");
var ticker = function() {
setTimeout(function() {
var top = ul.position().top;
var h = ul.height();
var incr = (h / ul.children().length);
var newTop = top - incr;
if (h + newTop <= 0) newTop = 0;
ul.animate( {top: newTop}, 500 );
ticker();
}, 5000);
};
ticker();
});
});
˟

ALAY

apa yang ada di benak kalian mengenai @L4Y? mungkin jawaban kalian beragam. alay sendiri yang saya tahu "kata" taman itu kampungan. namun bukan berarti orang tersebut kampungan secara total. saya sendiri memiliki presepsi yang lebih luas mengenai kata yang satu ini. tak bisa di pungkiri lagi virus alay sudah menyebar lewat berbagai media komunikasi terutama media berupa tulisan.
menurut beberapa ahli alay itu:
Koentjara Ningrat
"Alay adalah gejala yang dialami pemuda-pemudi Indonesia, yang ingin diakui statusnya diantara teman-temannya. Gejala ini akan mengubah gaya tulisan, dan gaya berpakain, sekaligus meningkatkan kenarsisan, yang cukup mengganggu masyarakat dunia maya (baca: Pengguna internet sejati). Diharapkan Sifat ini segera hilang, jika tidak akan mengganggu masyarakat sekitar"
jadi dalam situs sosial yang dihuni banyak pengguna, jangan terlau mencolok dengan cara-cara yang aneh hanya karena pengen dapet perhatian, malah sebenarnya itu dapat mendatangkan kebencian user yang lain.

sebelum masuk dalam pembahasan (emangnya pelajaran?), saya ingin mengingatkan dahulu mengenai tulisan ini.
  1. tulisan ini 100% asli buatan saya! (Syaiful Burhan)
  2. untuk yang merasa alay, setelah membaca tulisan ini jangan marah, apalagi sampai banting komputer atau HP, dan juga jangan memusuhi saya karena tulisan ini.
  3. tulisan ini menurut pandangan penulis, sehingga sangat subjektif sekali terhadap orang lain.
  4. komentar akan diterima dengan lapang dada selama itu untuk tujuan membangun
  5. tulisan ini bertujuan untuk menginspirasi dan mengajak anda sekalin untuk lebih baik dalam berkomunikasi.
sudah baca maklumat dari saya kan? oke, selanjutnya silahkan pakai sabuk pengaman, simak baik-baik kicauan dari saya ini.

berawal dari sebuah situs pertemanan yang sangat terkenal di jagat raya ini, yang hampir tiap orang membukanya setiap hari. bagi mereka yang telah mengenal teknologi pasti tidak asing lagi dengan situs sosial ini. ya, facebook tau biasa kita sebut FB. namun sebelum fb, ada indikasi awal mula penyebaran virus @L4Y dari kebiasaan mengirim sms dengan disingkat2 yang berakhir alay.
saya juga tidak akan berbicara mengenai alay saja, tetapi berbagai problematika yang kita hadapi bersama saat ini dalam hal komunikasi, tentunya lewat media tulisan.

saya mau mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada teman-teman fb yang telah saya remove belakangan ini dengan alasan yang mungkin tidak kalian tahu. satu yang pasti, saya benci orang yang gak bisa punya pendirian atas dirinya sendiri, tidak percaya diri, tidak mennghargai ornag tua, dan 4L@Y!. banyak sekali nama-nama di fb yang bikin sakit mata karena gak jelas namanya, pake angka segala, hurufnya besar kecil gak beraturan. selain itu tulisan dalam setiap status yang muncul di home bikin pusing untuk di baca, ya karena virus alay telah merasuki sang pengguna. entah tulisannya yang gak karuan, pake simbol2 selain emoticon, huruf besar kecil, pake angka pula dalam setiap tulisannya. itulah mengapa saya me-remove orang dalam facebook.

dalam nama misalnya, sampai nama idola, pacar, geng, komunitas, dll, dibawa serta dalam namanya. satu pertanyaan besar, SIAPA NAMA ANDA?
bukannya saya melarang, semua hak kalian. yang menjadi renungan saya, jika saya seperti itu, saya tidak menghargai orang tua yang telah memberi nama (nama itu doa kan?), saya tidak percaya diri dengan nama saya sendiri, sulit bagi teman saya yang ingin menemukan akun saya di jejaring sosial, yang terakhir adalah KURANG KERJAAN! hahaha
yang suka ganti-ganti nama apalagi! ganti pacar, ganti pula nama fb dengan di tambahin nama pacar, pemborosan huruf misal "aku sayang dia" jadi "Akkyuu chayaank D14" (ini namanya alay luar biasa! langsung tak remove) apalagi gak kenal tuh orangnya dan masih banyak lagi yang tentunya kalian tahu sendiri.


yang perlu diingat adalah, dalam jejaring sosial, semua orang bisa mengakses data kita, berhubungan dengan kita. jika alasannya lebih mudah jika caranya seperti itu, itu alasan klasik!, gak semua orang suka dengan cara seperti itu. jika dibilang "nanti temannya sedikit gimana?". sedikit bukan berarti gak ada kan? banyak tapi gak pernah komunikasi gimana? lebih baik sedikit tapi banyak komunikasi. dalam kenyataannya seperti itu. jarang ada yang punya teman sampai ribuan, tapi kenal semua! kita bicara realistis, bukan asal banyak teman saja.
contoh yang alay (kamus perbendaharaan alay):
Gue : W, Wa, Q, Qu, G
Rumah : Humz, Hozz
Aja : Ja, Ajj (Ajj bacanya apa ya?)
Yang : Iank/Iang, Eank/Eang (ada juga yang iiank/iiang)
Boleh : Leh
Baru : Ru
Ya/Iya : Yupz, Ia, Iupz
Kok : KoQ, KuQ, Kog, Kug
Nih : Niyh, Niech, Nieyh
Tuh : Tuwh, Tuch
Deh : Dech, Deyh
Belum : Lom, Lum
Cape : Cppe, Cpeg
Kan : Khan, Kant, Kanz
Manis : Maniezt, Manies
Cakep : Ckepp
Keren : Krenz, Krent
Kurang : Krang, Krank (Crank?)
Tau : Taw, Tawh
Bokep : Bokebb
Dulu : Duluw (Dulux aja biar bisa ngecat rumah)
Chat : C8
Tempat : T4
Sempat : S4
Telepon : Tilp
Ini : Iniyh, Nc
Nggak : Gga, Gax, Gag, Gz
Hai : Ui (Apa Ui? Universitas Indonesia?)
SMS : ZMZ, XMX, MZ (oh god…)
Lagi : Ghiy, Ghiey, Gi
Apa : Pa, PPa (PPa ???)
Sih : Siech, Sieyh, Ciyh (nggak sekalian aja Syekh Puji)
Dong : Dumz, Dum (apa Dumolit?)
Reply : Repp (ini yang paling sering ditemukan di dunia maya)
Halo : Alow (menurut kalian, apakah kita teletubbies? )
Sayang : Saiank, Saiang
Lucu : Luthu, Uchul, Luchuw
Khusus : Khuzuz
Kalian : Klianz
Add : Et, Ett (biasanya minta di add friendsternya)
Banget : Bangedh, Beud, Beut (sekalian aja baut sama obeng)
Nya, contoh : misalnya, jadi misalna, misal’a, misal.a
Imut : Imoetz, Mutz
Loh : Loch, Lochkz, Lochx
Gitu : Gtw, Gitchu, Gituw
Salam : Lam
Kenal : Nal (buset irit karakter banget)
Buat : Wat, Wad
Cewek : Cwekz
Cowok : Cwokz
Karena/Soalnya : Coz, Cz
Masuk : Suk, Mzuk, Mzug, Mzugg
Punya : Pya, P’y
Pasti : Pzt
Anak : Nax, Anx, Naq (ko-naq?)
Cuekin : Cuxin
Curhat : Cvrht (ini bahasa rusia apa?)
Terus : Rus, Tyuz, Tyz
Tiap : Tyap
Kalau : Kaluw, Klw, Low (oh maann…)
Setiap : Styp
Main : Men
Paling : Plink, P’ling
Love : Luph, Luff, Loupz, Louphh
Makan : Mumz, Mamz
Yuk : Yuq, Yuqz, Yukz
Lupa : Lupz
Udah : Dagh
Kamu : Kamuh, Kamyu, Qmu, Kamuwh
Aku : Akyu, Akuwh, Akku
Maaf : Mu’uv, Muupz, Muuv
Sorry : Cowwyy, Sowry
Siapa : Sppa, Cppa, Cpa, Spa
Kakak : Kakagg

ini contoh kalimat alay yang bikin pusing bacanya :
QmO dLaM iDopQhO (kamu dalam hidupku..)
q tWo……………… (aku tau……)
qMo mANk cLiD wAd cYanK m qHo…………. (kamu memang sulit buat sayang sama aku…)
tPhE qMo pLu tHwO„„„ (tapi kamu perlu tau….)
mY LuPi”………… (my love, cintaku, lupi lupi di kuping gue kedengerannya kayak permen yupi)
aLwaYs 4’U…………… (always for you, cuman buat kamu)
cO’nA cMa qMo YaNk Co WaD qHo cYuM………… (soalnya cuma kamu yang cowo buat aku senyum -oke ni si ophi jelas jelas tidak mengikuti kaidah yang benar dalam membuat struktur kalimat)
k’tHwA„„„„„„„� ��„„ (ketawa…)
 cNeNk…………….. (dan senang)
tHanKz b’4„„„„„„ (thanks before, terimakasih sebelumnya)
yOz aLaWAiCe d bEzT……………. (you always the best, kamu selalu yang terbaik -ALAWAICE?)
iN meYe heArD„„„„„„, (in my heart, dalam hatiku -btw MEYE? APA ITU HAHA)

tHo_tHo………….. (dadah -ini dadah doang ribet banget nulisnya)

LupHz yOu„„„„„„, (love you, sayang kamu)

bU_bU„„„„„„(bubu)

satu lagi..
I’m ReGrEeEeeEEeeEet nOw……………. (aku menyesal sekarang)
naFaZ„„„„„„„„� ��, (napas)
bNcHi qOh nGmBAnK………………. (benci aku ngambang)
hOeKkkKKk…………….. (sound effect muntah, HOEEEKK -tuh kan muntah HAHA)
nPhA jDe gnE????????? ?????? (mengapa jadi begini?)
i dOn’t LiKe tHaT………….. (I don’t like that, aku tidak suka itu)
qOh g Mo iDoP dLAM kmNfqAn………. (aku ga mau hidup dalam kemunafikan-WUESSS angin berhembus)

tHiZ iZ buLLsHiT!!!! !!!!!!! (this is bullshit!, ini semua omong
kosong!!! -penuh amarah membara)
sHiT!!!!!!!! !!!!!!!!! !!!!! !!!!!!!!!!!! !!!! (shit!!!!!! TA* )
HAifTf……………… (huff)

satu lagi deh…
TaKe mE 2 yOuR hEaRtZzz???? ????????? ????? (take me to your heart, bawa aku ke dalam hatimu)
cXnK qMoh tO cKiDnAAAAaaaAaAaaaa……. (sayang kamu tuh sakitnya…)
m_tHa apOn YoH……………… (minta ampun ya…)
qoH tLuZ”aN uCHA bWaD tTeP qEqEUh cXnK qMo………. (aku terus terusan berusaha buat tetep kekeuh sayang kamu…)

bUD„„„„„„„„„ , (but, tetapi…)
hUhuHuHfTFTf………….. .. (huft huft -ehem ophi centil deh)
cIa” adJA………………… (sia sia aja -CIA? yang di amerika?)
shIt???????? ???? (TA*??????)
maYbe??????? ???????? (maybe, mungkin????? )

ckIdDDdddDDDd„„„„„� �, „„„„„„„„„„ „„„ „„ (SAKIIIIIIT! -ini ngomong sakitdoang kayak suara ban ngerem ehm)
pGEn qOh tO bLanK……………………. . (pengen aku tuh bilang)
U bLOkE mY hEaLtH!!!!!! !!!!!!!!! ! (you bloke my health, kamu cowokesehatanku, atau kamu merusak kesehatanku? -HAHAHAHAHA YOU BROKE MY HEART KOK JADI YOU BLOKE MY HEALTH? jauh gitu artinyaaaa! LOL)
i tHinK…………….. (aku pikir…)
it’Z DISGUSTING vOiCE……………….. (itu suara menjijkan -ga nyambung)
anDeE…………………. (andaiii…)
adJA g2 dRe wAL…………….. (aja gitu dari awal)
qTaH gAg mKeN dIEM”aN gNe tOh???!?@??@ ?@??@@?@? (kita ga makin diem
dieman gini tho’?)
(sumber: KASKUS / ilustrasi)
sekali lagi, ini bukan ingin memancing kemarahan para alayers, tapi ini subjektifitas penulis dalam memandang fenomena ALAY. namun bukan berarti pula orang-orang alay gak baik hatinya, hanya saja kita kan bisa memakai bahasa yang baik sehingga semua orang bisa membaca dengan jelas dan gak pusing, tentunya itu akan lebih baik dan mendapat apresiasi dari pembaca. ingat, situs jejaring sosial dapat diakses bebas oleh orang manapun, berhati-hatilah karena apa yang kita ucapkan mencerminkan kita.

silahkan berkomentar jika punya pandangan yang lain, tapi akan lebih baik jika kita menuliskan dalam sebuah blog ataupun note, lalu share ke saya. atau bisa lewat emailku
ditunggu partisipasinya ya...!?

-Break the limit!-