00:00
Senin
00 Mei
jQuery(function($){
$("#ticker").tweet({
username: "buffhans",
page: 1,
avatar_size: 32,
count: 5,
loading_text: "lagi ngebaca twit..."
}).bind("loaded", function() {
var ul = $(this).find(".tweet_list");
var ticker = function() {
setTimeout(function() {
var top = ul.position().top;
var h = ul.height();
var incr = (h / ul.children().length);
var newTop = top - incr;
if (h + newTop <= 0) newTop = 0;
ul.animate( {top: newTop}, 500 );
ticker();
}, 5000);
};
ticker();
});
});
˟

KEBANGKITAN PANCASILA




PANCASILA

Ketuhanan yang maha ESA
Kemanusiaan yang adil dan beradab
Persatuan Indonesia
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Siapa yang tak tau pancasila?
Well, dulu waktu buff semasa sekolah tingkat dasar SD, sering banget ngucapin PANCASILA beserta seluruh isinya sampai hafal. Kalo pas upacara pasti selalu ngikutin Pembina upacara baca pancasila.
Jadi, jangan tanya lagi “buff tau pancasila?”
Ntar paling gue jawab “iyalah!”
Tapi..
Hanya sekedar TAU
Lain lagi kalo ditanya..
“buff, mengerti makna dari pancasila?”
Dan dengan ribuan kali mikir gue jawab..
“ya iyalah!! Masa’ gitu aja gak tau!?”
Ahahahaha..

Ya, bagi buff untuk memaknai pancasila itu gak terlalu susah.
Tapi bukan berarti gampang juga! (nah loh?)
Well, buff gak bakal mau ngupas satu per satu isi dari pancasila itu sendiri. Toh, gue yakin banget kalo temen-temen dan pembaca sekalian gak begitu bodoh untuk memaknai sendiri.
Keterlaluan malah kalo gak bisa memaknai pancasila!, kenyataan bahwa anak SD aja bisa dengan lantang mengucapkan pancasila dan memaknainya!
Gak percaya!?
Oke, gue berani buktiin!!
(yang nantang berarti ketauan bego’nya :p)

Kenapa sih, tiba-tiba buff jadi nasionalis banget?
Well, gue harus menyesuaikan dengan Situasi, Kondisi, Toleransi, Pantauan, dan Jangkauan (oke, ini ada singkatannya bagi anak pertanian USU). Terkadang gue bisa saja jadi nasionalis, agamis, rasis, dan bahkan komunis!
Pokoknya hidup dibawa fleksibel aja…
Life is never flat!
Begitu kata iklan..
Karena gak ada gunanya hidup secara kaku. Akan lebih berguna jadi manusia yang fleksibel. Ahahaha

Oke, gue buat postingan ini pengen menghidupkan kembali semangat pancasila yang pada tanggal 1 juni 2011 kemarin kita merayakan hari kebangkitan pancasila.
Nah, pas tanggal itu buff lagi asik di kosan. Mendekam gak tau mau ngapain, tapi yang jelas hanya satu alasan kenapa buff hanya mendekam dikosan..
PAKAIAN BELUM ADA YANG KERING!!
Well, dengan pakaian terkahir dan celana terakhir, gue merayakan hari pancasila di kosan!
What a beautiful day?
Mana langit lagi mendung pula tuh! T_T

Suatu kali gue denger dari suara sayup-sayup TiPi buluk punya senior (opss) dan gue kenal banget suara itu! ya suara yang berwibawa dari pak SBY dan selanjutnya ada juga suara BJ HABIBIE..
Selidik punya selidik, ternyata mereka lagi merayakan hari kebangkitan pancasila di gedung MPR.
Karena pada tanggal 1 juni 1945, di depan dewan BPUPKI, Bung Karno menyampaikan pandangannya tentang fondasi dasar Indonesia Merdeka yang beliau sebut dengan istilah Pancasila sebagai philosofische grondslag (dasar filosofis) atau sebagai weltanschauung (pandangan hidup) bagi Indonesia Merdeka.

Dan itu dilakukan tokoh Indonesia untuk membangkitkan kembali nilai Pancasila.
Oke, yang gue denger dan gue inget dari pidato mereka Cuma dari BJ HABIBIE dan SBY. Padahal ada 4 orang yang berpidato. Yang Megewati dan Taufiq Kiemas pidatokan gak ada yang gue inget. (maaf)

Pidato  yang berapi-api disampaikan oleh BJ HABIBIE, ini kata-kata yang gue ingat..
"Mengapa seolah kita melupakan Pancasila? Ada sejumlah penjelasan mengapa Pancasila seolah lenyap. Salah satunya karena situasi dan lingkungan perubahan kehidupan bangsa baik di tingkat domestik, regional dan global sejak tahun 1945 atau 66 tahun yang lalu telah mengalami perubahan yang nyata," kata Habibie

Lalu pidato dari SBY yang gue ingat gini..
“Negara kita, Negara yang berdasarkan pancasila, bukan Negara yang berdasarkan AGAMA….” Kata SBY

Well, itulah sosok pemimpin. Dimana HABIBIE mengingatkan kenapa nilai pancasila luntur dan SBY menegaskan bahwa Negara kita BUKAN NEGARA AGAMA melainkan NEGARA PANCASILA.
Sebagai warga Negara yang baik, gue selalu mendengarkan nasihat dari pemimpin Negara kita.

SEKARANG..
Apa yang bisa kita lakukan untuk pancasila? Untuk Negara kita?

JUST DO YOUR BEST!!

Buat kawan-kawan yang masih sekolah, berprestasilah setinggi-tingginya!!
Untuk aku dan teman-teman yang sudah kuliah..
Kita, selepas kuliah nanti, pasti akan kerja..
Tapi bagaimana kalo kita ubah mind set kita untuk tidak hanya menjadi pekerja tetapi  bagaimana saatnya kita berpikir untuk menciptakan lapangan kerja!!
Karena jiwa PANCASILA adalah jiwa tangguh yang mementingkan kepentingan Negara. Membantu Negara, mengabdi kepada Negara.

Itu aja kali ya postingan kali ini.. ^^
Have a nice day!